Sekda Serahkan Langsung Bantuan ke Bima

whatsapp-image-2017-01-02-at-11-57-58-amGiri Menang – Bantuan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) untuk para korban banjir bandang di Bima yg dipimpin oleh Sekretaris Daerah H. Moh. Taufiq didampingi Asisten II H Poniman, Kadis Koperasi & UMKM Joko Winarno, Staff Ahli Nym Sembah dan rombongan telah tiba di lokasi, Minggu (1/1/2017) lalu. Rombongan menyerahkan secara langsung bantuan tersebut dan diterima oleh Wakil Walikota Bima H.A. Rahman.

Hasil pantauan dan penjelasan Wawalkot Bima bahwa sampai hari ini kondisi di Bima pasca banjir sangat menyedihkan biarpun telah berangsur-angsur membaik. Rumah dan perabotan warga di hampir semua titik habis rusak kena banjir. Begitu pula dengan instalasi umum milik Pemkot maupun Pemkab Bima. Di daerah tertentu, lumpur bekas bawaan banjir bandang itu bahkan mencapai ketinggian 20 – 50 cm.

Kondisi tersebut membuat rekondisi di Bima masih terus berjalan. Cuaca yg masih hujan pun menjadi hambatan tersendiri yg masih menyisakan trauma ketakutan di tengah para warga. Sekda Lobar dan Kadis Kop UMKM Lobar menceritakan kondisi memprihatinkan tersebut.

Hingga saat ini Pemkab Lobar telah melakukan pengiriman sebanyak 3 tahap bantuan ke Bima. Pertama pada H + 3 bencana, dengan pengiriman tenaga relawan PMI dan barang2 utk menangani secara darurat kondisi di Bima. Kedua, pengiriman tenaga Perawat yang membawa bantuan obat- obatan dan makanan. Tenaga Paramedik dan PMI ini digilir personalianya selama per 7 hari tugas. Tahap Ketiga, pengiriman tenaga Tagana dan barang yg dilepas secara langsung oleh Bupati Lobar hari sabtu (31/12/2016) lalu.

Untuk tahap Ketiga ini Pemkab Lobar mengirimkan 7 ton beras, 1000 air kemasan, mie instan, peralatan sekolah seperti seragam, sepatu, tas, serta cangkul, linggis dan bantuan personal lainnya. Sekda Lobar yg beberapa waktu setelah di kota Bima pun memimpin tim yg lgsg diterima oleh Bupati Bima dan menyempatkan diri meninjau posko yg ada di wilayah tersebut. (humas)