Pariwisata Beri Kontribusi Terbesar Bagi Perekonomian Lombok Barat


Giri Menang-Lombok Barat merupakan satu diantara 10 kabupaten/kota di NTB yang selama ini banyak berkontribusi sekaligus mewarnai perkembangan pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). "Pariwisata kita memberikan kontribusi terbesar terhadap perekonomian di Kabupaten Lombok Barat," kata Sekda Lombok Barat, Dr. H. Baehaqi, SS, M.Pd, MM pada pembukaan  Table Top Bersama Insan Pariwisata Indonesia (IPI) di Bencingah Agung Kantor Bupati Lobar, Giri Menang, Gerung, Rabu (12/2).
Mantan Kepala Bappeda Lombok Barat ini menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Lombok Barat kepada seller dan buyer yang bergabung dalam Insan Pariwisata Indonesia (IPI). Ia juga memberi gambaran keindahan sejumlah potensi pariwisata Lombok Barat , mulai dari wilayah utara (Senggigi) hingga ke wilayah selatan Sekotong yang menyuguhkan keindahan alam yang masih alami dan cukup pantastis. 
“Banyak daerah lain berkunjung  ke Kabupaten Lombok Barat dan  mengaku, jika dulunya  waktu Tuhan membuat Lombok Barat ini, Tuhan dalam keadaan tersenyum. Karena alam dan pantainya yang begitu indah. Dan secara umum Lombok Barat sangat potensial dengan destinasi wisatanya. Dan pada dasarnya wisatawan domestik maupun mancanegara itu terlebih dahulu harus melalui Lombok Barat,”  tukas mantan Kepala Dinas Dikbud Lobar ini.
Ketua DPD IPI NTB Ahmad Paozi saat dikonfirmasi menyebutkan, acara ini dikemas dengan special branding yang disebut Lombok Travel Networking, yang mana Lombok Travel Networking itu berbeda dengan travel-travel yang lain pada umumnya yang diadakan di Indonesia.
"Kami lebih menitikberatkan pada brainly,  jaringan persahabatan dalam membina persahabatan dalam mencari bisnis antara satu dengan yang lain antara travel dengan hotel dan lainnya," ujarnya. 
Ia menambahkan, acara ini diadopsi dari DPD yang ada di Indonesia dan kebetulan i DPD NTB sudah satu tahun. Acara yang pertama kali di tahun 2020 yang diadakan di Lombok Barat dengan tema Lombok Hidden Paradise. 
"Alhamdulillah sebelumnya saya menargetkan akan mampu mendatangkan 150 buyer  dengan 100 seller  dan alhamdulillah tercapai. Dan mudahan ini menjadi awal yang baik untuk organisasi kami dalam artian membantu pemerintah dalam menambah jumlah pengunjung atau wisatawan yang datang ke Lombok," harapnya.
Dalam ini, pihaknya juga mengundang  peserta dari seluruh Indonesia sampai Papua dan juga mengundang beberapa peserta dari luar negeri seperti Malaysia dan Singapura. 
Terpisah Abah Heri dari Titik Nol Tour jogja menuturkan, setelah bencana gempa bumi yang melanda NTB setahun yang lalu Sumber Daya Manusia(SDM) khususnya dibidang pariwisata diakuinya agak menurun dan perlu untuk ditingkatkan lagi.
"Makanya kita para insan pelaku pariwisata di Indonesia, datang kesini untuk bisa meramaikan Lombok kembali. Kami berharap  agar SDM di NTB bisa bangkit kembali, jangan terpaku dengan musibah gempa bumi beberapa waktu yang lalu," ujar Abah Heri.
Abah Heri mencontohkan , di DI Jogyakarta juga pernah dilanda musibah gempa bumi seperti yang dialami NTB. Meski demikian bias dijadikan sebuah objek wisata yang menarik seperti yang ada didaerah Gunung Kidul. (hms)

Konten Terkait