HARI INI, TES SKD CPNS LOMBOK BARAT DIMULAI

 

Giri Menang, Rabu 5 Februari 2020 – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD-PSDM), resmi menggelar tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) mulai hari ini. Ada 500 peserta CPNS yang hadir pada sesi pertama tes SKD berbasis komputer.

Dari pantauan tim Humas Lobar, para peserta sudah mulai berdatangan sejak pukul 07.00 Wita di Kantor Bupati Lobar. Tes kemudian dimulai pada pukul 08.00 Wita.

Sebelumnya, para peserta mendapat arahan dari Sekda Lobar H. Baehaqi. Dalam arahannya, sekda menghimbau agar para peserta berdoa dan menanamkan kepribadian serta rasa percaya diri dalam menjawab tes yang diberikan.

“Dalam tes SKD ini kami berharap agar semua peserta dapat percaya diri. Dan sekarang tes ini anda akan berhadapan dengan mesin. Dia kaku, dia tidak bisa berbisik-bisik, jadi yang bisa meluluskan anda adalah diri anda sendiri dan Allah SWT. Jadi tidak ada satupun orang yang di antara kita yang dapat membantu anda selain diri anda sendiri. Jadi, tanamkan rasa percya diri dan jangan lupa berdo’a kepada Yang Maha Kuasa,” katanya.

Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menjadi tahapan seleksi kedua setelah tahapan seleksi administrasi beberapa waktu lalu. Dari total 4.261 pelamar, ada 3.789 pelamar yang memenuhi persyaratan dan berhak mengikuti tes SKD. Tes akan digelar selama delapan hari dan diikuti sekitar 500 peserta setiap harinya. Peserta akan mengikuti 5 sesi setiap harinya dimana setiap sesi akan dikerjakan selama 90 menit.

Dalam tahapan ini, selain BKD-PSDM Lobar, para petugas selama seleksi CPNS berasal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Sama seperti sebelumnya, tes SKD kali ini menggunakan sistem komputer atau CAT (Computer Assisted Test) untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Dengan sistem ini, peserta dapat langsung mengerjakan soal ujiannya di layar monitor komputer. Untuk soal Tes SKD CAT CPNS ini sendiri dibuat oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan tiga jenis bidang pengujian, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Kepala BKD-PSDM Lobar, Suparlan mengatakan bahwa dalam tes SKD ini pihaknya telah melakukan persiapan-persiapan sebagai penunjang kelancaran tahapan seleksi ini. Mulai dari ruang tunggu sebagai tempat pengarahan CAT bagi para peserta, posko kesehatan lengkap dengan peralatannya, dan lainnya.

“Sebelum masuk ruangan juga ada pemeriksaan dari petugas kami, ada metal detector dan diberlakukan untuk semua peserta. Dan untuk keamanan, kami menyiapkan ada empat penitipan barang yang dijaga Sat-Pol PP. Kemudian bagi CPNS apabila ada yang merasa kurang puas, kami juga menyiapkan kotak saran dan juga meja klaim. Dan untuk komputer kami juga menyiapkan 110 unit, 100 yang utama, dan 10 unit untuk cadangan jaga-jaga apabila terjadi kerusakan atau gangguan teknis,” terangnya.

Pada tes seleksi CPNS kali ini, Pemkab Lobar hanya mendapatkan 205 formasi yang terdiri dari 140 tenaga guru, 58 tenaga kesehatan, dan 7 tenaga teknis.

Suhandi (29), salah satu peserta tes asal Narmada ini mengaku sedikit terkecoh dengan soal yang diberikan. Walaupun tes CPNS tahun ini menjadi pengalaman keduanya, ia mengaku kesulitan walaupun batas kelulusan kali ini lebih rendah dibandingkan tahun lalu. Untuk diketahui, nilai ambang batas untuk TKP 126, TIU 80, dan TWK 65

“Biarpun ambang batas kelulusan tahun ini lebih rendah dari tahun kemarin tetap saja terkecoh sama waktu," ungkapnya.

"Semasih batas umur membolehkan, tetap akan mencoba sambil berdo'a. Semoga tahun besok bisa lulus," ujar peserta untuk formasi guru ini berharap.

Konten Terkait