MERIAHKAN HUT KE-61, LOMBOK BARAT GELAR MTQ XXVIII

Giri Menang, Senin 18 Februari 2019 – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVIII di Kabupaten Lombok Barat direncanakan menjadi kegiatan utama memeriahkan Hari Ulang Tahun Lombok Barat ke – 61 yang jatuh pada tanggal 17 April 2019.

Persiapan MTQ tersebut sudah dimulai sejak awal Februari 2019 ini oleh Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat, Bagian Kesra Setda Lombok Barat, pengurus LPTQ, dan seluruh Camat se Kabupaten Lombok Barat.

Salah satu isi dari persiapan tersebut antara lain, merumuskan dan menyepakati pelaksanaan kegiatan.

“Kegiatan MTQ ke XXVIII Kabupaten Lombok Barat juga dirangkai dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Lombok Barat ke 61 tanggal 17 April 2019,” papar Asisten III Pemkab Lombok Barat, H.Fathurahim di Aula Kantor Bupati di Giri Menang, saat penyelenggaraan Rapat Pimpinan, Senin, 18/2).

Menurut Fathurahim, pelaksanaan MTQ XXVIII akan berlangsung pada tanggal 16 sd. 21 Maret 2019. Diupayakan menurutnya, kegiatan ini tidak mepet dengan kegiatan Pemilu Pilpres dan Pilleg 17 April 2019 mendatang.
“Sudah menjadi kesepakatan, kegiatan MTQ akan berlangsung di kecamatan Kuripan,” tambah Fathurrahim di hadapan Plh. Bupati Lobar, Dra.Hj. Eva Nurcahyaningsih, Sekda Lobar, HM.Taufiq, Asisten, Staf Ahli serta seluruh kepala OPD se Lobar.

Menurut Fathurrahim, pada MTQ XXVIII tahun 2019 ini akan ada penambahan cabang mata lomba. Tahun 2018 lalu, akunya, hanya 7 cabang, namun saat ini menjadi 8 cabang. Penambahan ini sesuai arahan dari LPTQ Propinsi NTB.

Jumlah peserta masing masing kecamatan sebanyak 61 orang yang terdiri atas 56 peserta 5 orang pendamping.

Terpisah, Kabag Kesra Lombok Barat, H. Rusni menjelaskan, tidak semua kecamatan mampu memenuhi quota sejumlah itu. Karena keterbatasan peserta, dimungkinkan tidak semua kecamatan memenuhi peserta sejumlah itu.

“Ya mungkin saja, salah satu mata lomba yang tidak dipenuhi oleh kecamatan tersebut,” jelas Rusni via ponselnya.

Pada MTQ XXVIII tahun 2019 ini, tema yang diambil adalah “Membangun Lombok Barat yang Amanah, Sejahtera, Berprestrasi, Mantap Merupakan Implementasi Pengamalan Nilai-nilai Al-Quran” dengan sub tema “Melalui MTQ XXVIII, Mari Kita Membangun Lombok Barat Dengan Kebersamaan dan Hati”.