LOBAR SEBAGAI DAERAH PEDULI HAM

Di penghujung tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) kembali meraih penghargaan. Lobar dinobatkan sebagai daerah peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan diserahkan langsung oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) saat Peringatan Hari HAM Sedunia ke-69 di Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/12) lalu.

Lobar merupakan salah satu dari 200 kabupaten/kota di Indonesia yang dianggap peduli terhadap HAM. Mewakili bupati, penghargaan diterima oleh Kepala Bagian Hukum Setda Lombok Barat, H. Bagus Dwipayana bersama kabupaten/kota lain di NTB.

“Yang dianggap peduli HAM ada Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Mataram, Sumbawa dan Dompu,” jelas Kepala Bagian Humas dan Protokol, Saiful Ahkam.

Ditambahkan Ahkam, anugerah tersebut merupakan pengharagaan kali ketiga yang diterima Lobar atas prestasi yang sama. Indikator Lobar menerima penghargaan tersebut salah satunya karena catatan kepedulian tentang HAM. Salah satunya yakni ketika Lombok Barat bersama Kota Mataram dan Lombok Timur dinilai berhasil menangani komunitas Ahmadiyah yang saat itu menjadi isu nasional.

Ahkam berharap, Lobar dapat terus mempertahankan penghargaan tersebut dengan dukungan Peraturan Daerah yang peduli HAM di mana aturan tersebut berlaku bagi semua pihak dengan adil dan proporsional.