KHAERATUN SAMBANGI KORBAN PUTING BELIUNG

Giri Menang, Rabu 18 Oktober 2017 – Angin puting beliung menerjang Deusa Bug-Bug, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Akibatnya, 42 rumah warga setempat rusak dan dua orang warga mengalami luka ringan. Warga yang terluka kini berangsur membaik berkat penanganan cepat dari Puskesmas setempat.

“Rumah warga di lima dusun Desa Bug-bug rusak. Ada 18 unit rumah warga rusak ringan, 20 unit rumah mengalami rusak sedang dan 4 unit rumah rusak berat. Angin juga merusak atap dua ruangan Sekolah Dasar,” kata Kepala Seksi Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lobar, Tohri, Rabu (18/10).

Dari pantauannya, angin puting beliung tarjadi pada Selasa (17/10) sore hari yang dibarengi hujan deras.

Untuk memberi penanganan cepat, Ketua TP-PKK seksligus istri Bupati Lobar Hj. Khaeratun Fauzan Khalid bergerak cepat memberikan bantuan kepada warga masyarakat yang terkena musibah. Bersama Dinas Sosial dan BPBD Lobar, Ibu Bupati menyerahkan bantuan sementara berupa kebutuhan logistik, matras dan terpal.

“Saya turut berduka atas musibah yang menimpa warga kami yang ada di Desa Bug-bug yang banyak rusak rumahnya akibat angin kencang. Terutama atap rumahnya,” katanya.

Ia menghimbau kepada warga masyarakat supaya lebih berhati-hati. “Tidak ada yang tahu musibah itu datang, seperti kemarin yang tiba-tiba hujan disertai dengan angin kencang sehingga merusak rumah warga,” tambahnya.

Selanjutnya, Pemkab Lobar akan menyerahkan bantuan untuk perbaikan rumah warga. Bantuan diantaranya seng, kayu usuk dan semen rencananya akan diserahkan esok hari. (andi/humas)