KABUPATEN KEBUMEN BELAJAR PENERAPAN PPK-BLUD PUKESMAS DI LOMBOK BARAT

Giri Menang, Kamis 12 Oktober 2017 – Pelajari Penerapan Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) BLUD Puskesmas, Bupati Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan ke Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Kedatangan Bupati Kebumen H. M. Yahya Fuad bersama rombongan langsung diterima oleh Bupati H. Fauzan Khalid beserta jajaran Dinas Kesehatan dan SKPD terkait di Ruang Rapat Jayengrane Kantor Bupati Lobar, Kamis (12/10).

Bupati Kebumen, H. M. Yahya Fuad memuji konsep penerapan PPK-BLUD Pukesmas di Lombok Barat yang dinilai berhasil menerapkan sistem berbasis e-Pustu, e-Posiyandu dan e-Pukesmas. “Kami mempunyai 35 pukesmas namun Pola Pengelolaan Keuangan di BLUD masing-masing Pukesmas belum 100 persen. Bagaimana dengan di Lombok Barat ?” tanyanya.

Menjawab hal itu, Bupati H. Fauzan Khalid menyampaikan, Kabupaten Lombok Barat memiliki 17 Pukesmas dan rencananya di tahun 2018 akan ditambah dua pukesmas lagi. Dari 17 Pukesmas yang beroperasi semuanya sudah menerapkan PPK-BLUD. “Setelah diterapkan, perbedaannya menjadi jauh lebih baik, lebih bagus, lebih produktif,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Barat H. Rachman Sahnan Putra dalam kesempatan itu juga memberikan pemaparan. Diantaranya, beberapa hal sesuai dengan kebijakan pemerintah terkait dengan penerapan PPK-BLUD pada fasilitas pelayanan kesehatan sesuai dengan UU No. 44/2009 (Pasal 7 dan Pasal 20) Rumah Sakit milik pemerintah/pemda dikelola dengan menerapkan PPK-BLUD sesuai dengan peraturan per UU.

Usai kunjungan, rombongan kemudian menuju Puskesmas Sekotong sekaligus menghabiskan hari menikmati keindahan alam Sekotong. (andy/humas)