BUPATI AJAK MASYARAKAT LOMBOK BARAT SADAR SAMPAH

 

Giri Menang, Senin 5 Agustus 2019 – Penanganan sampah memang merupakan tugas pemerintah, namun hal itu juga harus didukung oleh setiap elemen masyarakat di setiap daerah.

Hal itu dikatakan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid saat menghadiri peletakan batu pertama masjid Quba di Desa Guntur Macan Kecamatan Gunung Sari, Minggu (4/8/2019).

“Pak Gubernur sedang mencanangkan NTB bebas sampah dan ini bukan tugas pemerintah saja. Sepintar apapun pemerintah jika masyarakatnya tidak sadar tetap tidak bisa, ” ujar Fauzan.

Ia juga mengajak warga khususnya warga Guntur Macan untuk bisa mengolah sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

“Batang pisang, itu daripada dibuang ke sungai terus mandek sana-sini, itu bisa dipotong kecil-kecil kemudian ditanam agar bisa jadi pupuk. Demikian pula dengan sampah-sampah yang lain,” lanjutnya.

Hal senada juga diutarakan PLT Sekretaris Daerah Provinsi NTB H. Iswandi yang hadir mewakili Gubernur. Iswandi berharap nantinya Masjid yang akan dibangun bisa tetap terjaga kebersihannya sehingga masyarakat bisa senang, betah dan banyak beraktifitas di dalam Masjid.

Terkait pengolahan sampah, Iswandi mengimbau masyarakat agar bisa memilah sampah, serta kreatif dalam pemanfaatan sampah, terutama sampah plastik. Ia meminta Kepala Desa setempat agar bisa menginisiasi warganya untuk mengumpulkan sampah plastik dan membuat Bank Sampah Masjid.

“Pak kades nanti bisa membuat bank sampah masjid, hasil penjualannya bisa dipakai untuk keperluan dan kesejahteraan masjid,” harapnya.